jump to navigation

Mengenal Sesar (Fault), Bahaya dan Manfaat August 28, 2010

Posted by ibnu dwi bandono in Geology Time.
trackback

Sesar merupakan retakan yang mempunyai pergerakan searah dengan arah retakan. Ukuran pergerakan ini adalah bersifat relatif, dan kepentingannya juga relatif. Ukuran dimensi sesar mungkin dapat mencapai ratusan kilometer panjangnya (sesar Semangko) atau hanya beberapa sentimeter saja. Arah pergerakan sesar disebut bidang sesar. Bidang sesar meliputi Hanging wall (diilustrasikan tempat kita gantung diri, hehee) dan Foot wall (diilustrasikan tempat berpijak).

Sesar Turun

Sesar Turun adalah sesar yang terjadi karena pergeseran blok batuan akibat pengaruh gaya gravitasi dan terjadi sebagai akibat dari hilangnya pengaruh gaya sehingga batuan menuju ke posisiĀ  seimbang. Pada gambar disamping, Hanging wall cenderung turun terhadap footwall sehingga apabila kita melihat lapisan batuan yang horizontal, maka akan menimbulkan ketidakseragaman lapisan. Pada kenyataan di lapangan, sesar ini dapat dilihat dengan baik. Kita dapat melihat dari litologinya dengan penglihatan secara horizontal terhadap lapisan batuan tersebut. Berikut contoh sesar turun:

Sesar Turun di Lapangan

Sesar Naik

Sesar Naik adalah sesar dimana salah satu blok batuan bergeser ke arah atas dan blok bagian lainnya bergeser ke arah bawah disepanjang bidang sesarnya. Untuk sesar naik, diperlukan energi atau gaya yang lebih besar untuk dapat menaikkan hanging wall ini ketimbang pada sesar turun (hanging wall turun)

Sesar Mendatar

Sesar Mendatar adalah sesar yang pergerakannya sejajar, blok bagian kiri relatif bergeser kearah yang berlawanan dengan blok bagian kanannya. Contoh dilapangannya:

Bahaya dari Sesar:Sesar Mayor yang terjadi pada kerak bumi adalah hasil dari shear motion dan zona sesar aktif merupakan zona yang rawan akan gempa bumi. Gempa Bumi sebabkan oleh energi selama terjadinya pergeseran yang cepat sepanjang bidang sesar. Apabila sesar terjadi di laut maka akan berpotensi terjadinya tsunami.

Manfaat:

Tentunya keuntungan bagi mahasiswa teknik geologi untuk mempelajari mekanisme pergerakan bumi khususnya pergerakan lempeng tektonik

Comments»

1. naufal - August 30, 2011

mas, ijin share gambarnya buat majalah ya, majalah gratisan ko, ga diperjualbelikan, oh iyah ntar saya tulis nama mas di gambarnya, gimana? makasih loh mas ibnu dwi bandono (aduh jadi inget pa bandono, dosen geologi teknik)

2. naufal - August 30, 2011

eh undip toh, he he he..salam kenal


Leave a comment